Monday, September 24, 2012

Apakah tanah disekitar pegunungan pasti merupakan tanah subur ?


Jawaban soal kel.3
1.        Apa itu tanah ? dan adakah tanah selain di bumi ? jelaskan
tanah adalah bagian kerak bumi yang tersusun dari mineral dan bahan organik. tanah terdapat juga selain di bumi, kok bisa? karena diliat dari kandungan yang menjadi penyusun tanah itu sendiri. yang ternyata dapat ditemukan selain di bumi.
2.       Buatlah alur pembentukan tanah ! Berdasarkan alur pembentukan dan unsure yang terdapat di tanah, sebutkan fungsi tanah!
Batuan memerlukan waktu jutaan tahun untuk berubah menjadi tanah. Batuan menjadi tanah karena pelapukan. Batuan dapat mengalami pelapukan karena berbagai faktor.
·           Faktor cuaca yang menyebabkan pelapukan batuan, misalnya suhu dan curah hujan. Pelapukan yang disebabkan oleh faktor cuaca ini disebut pelapukan fisika. 
Misalkan : Pemanasan matahari pada siang hari dan pendinginan pada malam hari.
·           Makhluk hidup yang menyebabkan pelapukan, misalnya pepohonan dan lumut yang disebut pelapukan biologi. Akar tumbuh – tumbuhan dapat memecah batu – batuan sehingga hancur.Pelapukan ini dapat disebabkan oleh tumbuhan atau lumut yang menempel di permukaan batuan. Tumbuhan merambat dan lumut menempel di permukaan batuan. Tumbuhan merambat akan menimbulkan lubang-lubang pada batuan tempat akarnya melekat. Lubang-lubang ini lama-kelamaan bertambah besar dan banyak. Akhirnya, batuan tersebut akan hancur.
·           Binatang – binatang kecil seperti cacing tanah, rayap dan sebagainya yang membuat lubang dan menghancurkan batuan.
·           Batuan, iklim, jazad hidup, topografi dan waktu
3.                  Sebutkan ciri-ciri dan contoh tanah yang cocok untuk pertumbuhan tanaman yang baik ? lengkap
tekstur dan struktur tananya baik, yaitu butir-butir tanahnya tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil; banyak mengandung garam yang berguna untuk makanan tumbuh-tumbuhan; dan banyak mengandung air untuk melarutkan garam-garaman.
Tanah Alluvial (tanah endapan), yang terjadi akibat pengendapan batuan induk yang mengalami proses pelarutan dan pada umumnya tanah endapan merupakan tanah yang subur. Tanah aluvial dibentuk dari lumpur sungai yang mengendap di dataran rendah yang memiliki sifat tanah yang subur  dan cocok untuk lahan pertanian. Persebaran tanah aluvial di Indonesia banyak terdapat di Sumatera Timur, Kalimantan bagian selatan dan Jawa utara.
4.       Apakah tanah disekitar pegunungan pasti merupakan tanah subur ? jika IYA berikan alasan, jika TIDAK berikan alasan !
Iya terutama tanah vulkanik, karena  Tanah Vulkanik (tanah gunung api), merupakan tanah dari hasil pelapukan gunung api yang meletus. Tanah vulkanik adalah tanah yang sangat subur dan diusahakan untuk pertanian  karena kaya akan unsur hara yang diperlukan tanaman.
5.       Tanah merupakan sesuatu yang vital dalam kehidupan. Ada pernyataan bahwa pencemaran air dan udara dapat disebabkan oleh tanah, jelaskan!
Pencemaran tanah adalah keadaan dimana bahan kimia buatan manusia masuk dan mengubah lingkungan tanah alami. Ketika suatu zat berbahaya/beracun telah mencemari permukaan tanah, maka ia dapat menguap, tersapu air hujan dan atau masuk ke dalam tanah. Pencemaran yang masuk ke dalam tanah kemudian terendap sebagai zat kimia beracun di tanah. Zat beracun di tanah tersebut dapat berdampak langsung kepada manusia ketika bersentuhan atau dapat mencemari air tanah dan udara di atasnya.
Pencemaran air dapat terjadi jika tanah resapan yang dilalui air tercemar oleh logam-logam berat dan pencemar lainnya sehingga air menjadi ikut tercemar.

No comments:

Post a Comment