Wednesday, August 14, 2013

pe-ka-el



Tafak Minggu ke dua
belajar dongeng nih..


8 juli 2013
Ka nenden, pembimbing saya dileb, cuti 1 minggu. jadilah bingung saya.. tapi alhamdulillah dg membantu mba nana preparasi sampel, jd ga bengong deh.
Penotolannya ga manual tapi pake multi spotter, trus seperti biasa nimbang pake neraca analitik, sonikasi sampel, karena sampelnya macam gel. jadi susah diaduk biasa.
Nah satu penglaman baru dengan penyaringan, biasanya dikampus pake kertas saring gulung, yang digunting sendiri, nah ternyata kali ini dilakukan berkali-kali untuk perbaikan kualitas sampel. Pertama disaring pake kertas saring biasa, terus pake kertas saring yang porinya lebih kecil, whatman. terkahir belajar nyaring dengan membran filter milipore. Hmmm... lumayan ngeluarin tenaga dalam untuk sampel yang agak pekat.
Besok lebih baik amiin. Lusa puasa

9 juli 2013
Hari ini saya ikut bantu kerjain sampelnya ibu jiratmi. Beliau tuh subhanallah.. sudah waktunya istirahat tapi masih semangat di leb. Dengan bahasanya yang medok tapi enak didenger saya langsung bisa deket, cerita-cerita sama ibu yang baik hati asal jogja ini. Setiap ada orang tua yang semangat kerja, yang garis wajahnya menggambarkan bahwa beliau adalah penyabar, bayanganku langsung membawa ke rumah, wanita tercantik dan teristimewa. Yap, bundaku tersayang... sedang apa ya beliau?

Lanjut, karena masih KLT jadi kerjaanku ya ga geser-geser dari penotolan. Kali ini pake pipa kapiler dan penotolannya di mesin auto spotter. Saya seneng dengerin ibu ji, tapi sayangnya 55% instruksi beliau, kadang-kadang saya agak sulit  faham maksudnya, mungkin karena bicaranya agak cepet dan ditambah pake bahasa jawa kali ya.. (tapi ini kadang lho yaa) insya Allah saya pendengar yang baik. Hhee
Alhamdulillah, hari ini beres notol 3 plat (1 plat ada 12 titik) secara manual lho ya... dan Udah buat fase geraknya, 3 chamber masing-masing EMA(etil asetat : metanol : ammonia28%), EBA (etil asetat : n-butanol : Ammonia 32%), dan DCM (diklorometana 100%). Lumayan, walopun pake masker tapi wanginya hmmmm... luar binasa. Oya hari ini aku juga minta dibantuin sama mba nur untuk buat baku rodamin B pake neraca mikro.
Okeh hari ini menyenangkan, besok puasa, apa menu sahur anda?. Makasih ya ibu ji, makasih ya mba nur, juga mba nana yang lagi membawa bayi di perutnya semoga lancar persalinannya

10 juli 2013
Hari ini lanjutin kemarin, yaitu eluasi plat kemarin. Dan ibu ji bawa sampel lagi. Tepat sebelum dzuhur, preparasi sampel, penotolan 3 plat lagi, dan eluasi udah beres. Setelahnya gada kerjaan dileb kecuali nulis dan baca. Akhirnya kabur kemushola, hari ini shoum perdana ramadhan 1434 H, ada hajat yang harus diperjuangkan. Lets..
Karena ramadhan  pulangnya lebih cepat, dari biasa 16.30 jadi 15.00 kecuali jumat 15.30...
selanjutnya merencanakan mau ifthar dan sahur pake apa nanti malam? Yap saya serahkan sama yang bertugas masak dan belanja hari ini aja. Yang penting titip pesan beli sayura yang ijo-ijo (menu wajib), selanjutnya saya pulang duluan kekosan. dan melepas lelah dikasur. Setelah petugas belanja datang laporan bahwa ga ada sayuran “ya udah makan mie aja”. Hmm..syukuri apa yang ada, makan mie juga anugerah kan kata de masiv
ini shoum pertama masa mau dirusak sama perkara menu sahur. Iya tho.. hhe


Rasanya ingin cepat-cepat hari jumat, karena sudah saya azamkan pekan besok jadwal untuk mudik ke mauk, pulang ke rumah yang sederhana tapi istimewa karena penghuninya. Saya kosongkan jadwal lain, semoga Allah setuju.
Soalnya saya beli gamis untuk eki,  my young bro, minggu besok jadwal libur eki sudah habis jadi harus berangkat lagi ke ponpes di tigaraksa. So, saya harus segera pulang.
Dan yang buat saya berharap jumat cepat datang adalah menu ifthar favorit buatan ibu. Ialah bakwan alami tanpa zat kimia berbahaya J. Cuma ditambah natriim clorida ajah, keliatan pucet bakwan buatan beliau, tapi itulah yang emang aku doyan. kalo ga salah ramadhan kemarin, satu bulan full ada bakwan di meja ifthar. Tanpa absen.(titik)
Jadi, begitulah ceritnya. Semoga jumat cepat datang

11 juli 2013
Memilih berlama dimusolah saja, ada perasaan jenuh dileb atau diruang staff. Ga banyak kerjaan, Cuma eluasi yang bisa ditinggal-tinggal kerjanya (ga mungkin juga di-pantengin depan lemari asam ya toh..). Ngitung Rf dan minta bantuan untuk scan plat hasil eluasi sama mba tia. Hari ini ada perasaan bersalah pada ibu ji’ karena kelalaian saya, kita ga jadi kerjain sampel. Itu dikarenakan saya salah nimbang (masih aja bingung sama instruksi beliau). Labu ukur 10ml Cuma ada 2 dari ibu ji’, karena yang lain sudah habis dipakai untuk sampel lainnya. Nah, itu saya salah nimbang, dan udah terlanjur dimasukin ke labu, jadilah gagal karena pengujian ini kuanitatif, sangat sensitif masalah angka. Nunggu labu semungil 10ml kering pencucian agak lama. Akhirnya ibu ji; memutuskan besok ajah. Astaghfirullah... ampuni aku Rabb, sampaikan salam maafku untuk ibu ji’, berikan beliau kesehatan. Aamiin.

Ada sedikit kisah dimalam harinya, waktu saya gosok gigi dibalkon yang indah itu(ada keran disana), tiba-tiba aja ditarik sama rekan PKL-rekan kosan-rekan makan sepiring berdua J, ditarik untuk duduk dikursi. Ternyata matanya merah-nangis dia-mau curhat. Jadilah dia curhat-saya belum beres gosok gigi. Issshh.. (kondisi curhat yang ga memungkinkan sebenernya)
Akhirnya, setelah mendengar kisahnya, saya kumpulkan kawan lainnya-perkara ini alhamdulillah Kelar.
Ada ibrah dari peristiwa malam ini, mungkin kita sering dengar, sering pula diceramahi, tapi.. tetap, mengingatkan itu emang butuh, supaya makin kuat, makin sadar. 1 hal tentang “jangan remehkan perkara yang seolah kecil. Belajarlah kita dari hal-hal kecil”, tapi jangan lebay juga (ada kadar standar mungkin ya seharusnya hehe). Maksudnya ada kadar berapa persen kelayakan perkara ini disedihkan/diratapi/ditangisi. Jangan sampai kita sibuk nangis/meratap, padahal jalan keluarnya jelas bisa ditempuh, dekat malah... kalau kita tahu, sebenarnya ada banyak kawan untuk mengingatkan, untuk menguatkan...
atau ketika ada masalah, mungkin jangan jauh-jauh dulu melibatkan orang lain. Jangan-jangan masalhanya ada pada diri kita sendiri???
Gantung  -_-

Rabb, semoga esok lebih baik.



*12-13-14 juli 2013
Akhirnya Allah izinkan an bertemu hari jumat, jumat semangat, cerah-secerah warna putih. Setelah pulang PKL bergegas packing and gohome. Perjalan jadid dimulai, karena sebelumnya belum pernah saya sendiri pulang dengan rute ini, akhirnya sampai juga dirumah alhamdulillah dengan selamat, dengan pengalaman hampir nyasar karena diturunkan dari bus ga sampai tujuan akhir pemberhentian, dengan turun-naik metromini-bus-mikrolet/angkot sebanyak total 6 kali, dengan perjalanan sekitar 4 jam atau 240 menit atau 14400 detik, dan alhamdulillah dengan buah tangan buat yang terkasih dirumah, aku bawain ubi clilembu, eskrim, snack, and pecel lelelele hehe (sempet juga walau lelah dijalan).

Nikmati saat-saat dirumah, lusa tanggal 14 siang, berangkat lagi ^^

Alhamdulillah, minggu kedua teertafaki....
Naihai*

3 comments: