Sunday, December 31, 2017

Perjalanan ke JETI PLTU Lontar

Bismillahirahmanirahim,
Dengam menyebut nama Allah,  utk semua permulaan dan akhir yg baik2


Waktu pergantian tahun adalah waktu libur panjang,  berpikir kemana akan jalan2 di wilayah sekitar mauk Tangerang,  akhirnya muncul ide ke jeti (sebetulnya sy gatau teks yg benar utk kata 'jeti').  Jeti adalah tempat dimana kita bisa liat cukup dekat dengan PLTU bagian belakang yg menerima kiriman batu bara dr luar pulau Jawa,  berlabuhnya kapal tongkang yg bawa batu bara. Sebetulnya sy pernah kunjungan ke PLTU dan dibawa ke bagian belakang dg jalur legal (hihi)  ya di anter bus oleh pihak PLTU.  Loh berarti jeti ilegal dong?

Wah itu kesimpulan sy aja,  karna sbtulnya yg saya liat itu dipager besi.  Tp ada bagian kecil yg dibiarkan terbuka. Jd intinya mungkin boleh dikunjungi,  biasanya untuk orang-orang mancing,  main,  atau sekedar iseng.  Tp saya dan 2 teman,  harus meluruskan niat,  agar perjalanannya ga sia2 di mata Allah,  bismillah sebutlah observasi,  atau mencari hikmah2 hidup.

Baik,  yg sy akan jelaskan ad bbrp poin.
1. Rute ke jeti
2. Apa yg bisa dilakukan di jet?
3. Saran2.



Pertama,  RUTE..
Ga sedikit orang yg denger jeti PLTU lontar dan pingin berkunjung tp ga jadi2 juga karna gatau kemana.  Baik,  pertama kamu harus tau kalo si jeti itu adanya di lontar kecamatan kemeri,  kabupaten tangerang.

*Nah bagi orang mauk,  kamu harus jalan ke arah kronjo dan pelan2 setelah melewati gerbang PLTU,  jangan masuk ke sono..  Karna ga gampang dapet izin.
Jalan terus sampe dapet gang sebelah kanan jalan,  sebelum jembatan,  dan setelah alfamart. (Bagi orang kronjo,  berarti sebaliknya,  faham lah ya). Masuk gang ya

*jalan terus ikuti aspal.  Jalan utama gang.  mnurut kalkulasi sy,  jarak yg di tempuh skitr 2-3 km dr gang. Sampai kamu kehabisan jalan aspal,  beganti dg tanah liat kasar ga rata yg kalo ujan pasti becek dan berlumpur.
Disitulah serunya,  kemarin saat kami kesana padahal lg ga ujan tp track becek masih ada karana mgkn luapan dr air rawa atau semalem abis ujan saya gatau.



Semangat yooh..  Hehe



Nah lumayan kan,  itu bukan satu titik doang,  tp beberapakali sy harus turun dr motor karana takut jatoh ke lumpur (itu tidak keren sekalih). Apalagi klo harus bawa motor sendiri,  bisa balik kanan duh..

*banyak belokan,  tp ikuti insting kemana kira2 arah yg mendekati laut.  Nnti kalian akan ketemu tempat berjemurnya para ikan,  dan keliatan juga PLTU dr jarak cukup dekat..




Nah setelah ngelewatin yg becek2, kamu bakalan ketemu sm jalanan kaya gini nih..  Tanah kasar yg bikin tangan kamu cangkeul alias pegel.

Gausah putus asa,  apalagi memilih nyebur ke tambak ikan,  karna ga jauh lagi,  kamu bakal nyampe ke sini nih.. 
 Masih nemu track begitu lalu dikit lagi nyampe deh..

 Ini nih,  sy sependapat sm temen sy,  pertama yg sy tanyakan ini tempat apa..
Akhirnya kami menduga2 barangkali suatu saat PLTU akan memperluas arenya maka bangunan beton panjang ini bisa jadi tempat berlabuh tongkang batu bara..  Sperti di sebrang sana..
 Ini tempat tongkang batu bara berlabuh,  yg item2 itu adalah batu bara kasar yg baru dateng,  utk selanjutnya dibawa dg kereta kecil ke gedung biru PLTU sana..  (Setelah proses penghalusan batu bara,  teori faktor luas permukaan agar laju pembakarannya cepet gituh)

Sedikit bercerita,  batu bara mmg masih jadi bahan bakar utama untuk memutar turbin pengasil uap yg selanjutnya menghasilkan listrik, sekitar 60% listrik dunia masih pake batu bara karna murah dan cukup efesien,  tapi kelemahannya adalah batubara itu pengasil emisi karbon terbesar,  kalo masyrakat engga komplen karna efek nya mgkn ga langung pd kesehatan jiwa raga,  tp urusan ini lbh pd lingkungan,  global warming,  dan urusan perozonan yg kebanyakan kita ga kebayang. Walopun tentu perusahaan listrik sudah memikirkan buangan limbah gas yg katanya udah sesuai standar,  tp entahlah,  umur bumidan langit gabisa dibohongi. Kita liat apakah besok lusa batu bara akan tetap sebanyak ini dipakai. (Kalo ada yg keliru pandangan saya,  mohon di maafken)


Dan beginilah pemandangan jeti..
Sejauh mata memandang,  Alhamdulillah 'ala kulli hal..  Memanjakan mata dg melihat laut ciptaan  Allah yg dulu biru sekarang agak kecoklatan,  tp sambutan angin sepoi dan ikan bersayap yg lagi maen2 di lumpur membuat kami menikmati suasana. 

With my friend,  pengennya smapi ke ujung jalan,  tapi apalah daya kami ga berani. Prediksi sy panjangnya bisa nyampe bahkan lebih dr 100m. 
Disana banyak yg mancing,  dan laki2 nongkrong,  itulah satu dr beberapa alasan kami takut ke ujung. 

 Masih batu bara,  yg konsumsi negara kita bisa berjuta2 ton kali ya..  Kebayang emisi karbon widih.. Kalo kita pikir skala kecil akan baik2 saja,  maka berpikirlah dlm skala besar.
 Kami hanya bertiga,  alhamdulillah ada yg bersedia boncengin saya hehe


Kedua,  APA YG BISA KITA LAKUKAN DI JETI??
Banyak sekali diantaranya :
1. Merenung
2. Baca buku
3. Mancing
4.melukis
5. Cari ide/inspirasi
6. Dan banyak lagi yg lainnya (moto2 dan diskusi ringan)

Ketiga,  SARAN2..
1. Berangkatlah dlm kondisi sehat,

2. Berangkat sebaiknya jangan sendirian,  supaya ada yg bisa bantu dorong motor.
Tp saya sama sekali tidak menyarankan utk yg berpacaran. Jeti bukan tempat pacaran.
Ga modal sekali,  lalu kalo cekcok terus didorong sampe nyebur,  cobalah pikirkan orangtua kita di rumah.

3. Yg kelaperan dan ke ausan ga usah khawatir karena ada warung di sono (hebat ya)  harganya juga normal. Tp kalo mau bawa jajan,  sok mangga ga dilarang.

4. Yang mau foto2 ati2 jangan terlalu banyak gaya,  kalem aja.  Sy beneran takut jatoh,  soalnya terjal,  dan tinggi dermaga betonnya.

5. Nah ini nih..  Pliiiiis inimah,  punten yg niatnya emang mau liat yg Indah2, jangan smpai kita lah perusaknya,  dengan BUANG SAMPAH TIDAK PADA TEMPATNYA... sampah udah banyak berserak merusak pemandangan,  besok lusa klo masih banyak pengunjung ga tau diri,  bisa jadi jeti betulan jadi tempat sampah. (Saya lupa moto sampah2 yg berserak), so..
JANGAN BUANG SAMPAH SEMBARANGAN WALOPUN  SEKECIL BUNGKUS BUMBU MIE INSTAN,  ATAU SEMUNGIL BUNGKUS PERMEN. Hiks..

6. Terakhir,  masuk jeti tuh gada HTM (harga tiket masuk)  seharusnya memang begitu,  laut ini milik negara,  milik Allah. seharusnya ga ada pungli kecuali alasan kebersihan.
Dan memang begitu. hanya ada tukang parkir,  nah sebaiknya kita kasih tukang parkir,  sedikit juga ga papa.  Bagi mereka yg blm punya pekerjaan,  2ribu yg banyak itu lebih dr cukup. Mudah2an membuat mereka terus berpikir dan merenung. Bahwa tukang parkir itu pekerjaan baik.  (Kalian tau dong filosopi tukang parkir ya) . Ini lain hal ya sm tukang parkir yg ada di minimart yg jelas2 ada tulisan parkir gratis,  tp ttp aja nyangkutin nomor parkir heehe..  Tp kalo mau ngasih juga ga papa ttp Bagus,  baik.

Akhir kalam,  semoga tulisan ini bermanfaat. Semoga di 2018 kita semakin baik,  semakin banyak hal luar biasa yg kita lewati dg baik dan lurus,  semakin banyak hal2 bahagia dan berkah,  kalopun harus kita lewati cerita sedih, smga kita ttp berprasangka baik dan selalu di kasihkan sabar dan terus dijaga dari maksiat2. Dan semoga kita semakin siap dg perjalanan menuju pulang,

Wassalam,
Rufi'atil aqlaam,  ajiffatisshuhuuf..
Pena telah diangkat,  dan catatan pun telah mengering.


Tegal Kunir,
Ahad,  12 Rabiul Tsani, 1439 H/31 Desember 2017. 20.08.
Nai



3 comments: