Friday, June 25, 2021

Perjuangan pasien kolostomi.

 Aku adalah pasien kolostomi, terhitung april 2020. 

Tau kolostomi?


Mengeluarkan bagian usus dg melubangi dinding perut sbg tempat pembuangan (bab dan kentut) ditampung oleh sebuah kantong sintetik. 


Masa2 awal adalah hal yg sangat berat, hingga harus berbaring dikasur selama kuranglebih 1bulan. Bb turun hingga 31kg. Kebayang kan 1 bulan diatas kasur tentu sangat merepotkan dan bergantung pada orang lain


Hingga 1 tahun terlewat sy merasa jd orang yang sehat, makan dan aktifitas normal. Dan siap disambung kembali usus ke dlm perut agar normal kembali.


Hingga persiapan pra oprasi yg cukup berat. Oprasi dilakukan, usus disambung. Plong. Alhamdulillah..


Bbrpa hari setelahnya, sy merasa perut sy sakit sekali. Melilit. Lama2 kembung, begah, sy belum juga bab dan kentut lewat anus. Setiap makanan yg sy makan membuat perut sy melilit dan penuh.


2 minggu, belum juga kunjung bab dan kentut normal.


Akhirnya hasil rontgen 3 posisi dan vonis dokter pasca oprasi, terjadi perlengketan usus (ileus obstruktif) di perut saya. Harus oprasi lagi.

Otomatis aku down. Masih terasa sakit sayatan diperut.

Tak berpikir panjang karna sakit makin menjadi2.


Masuk ruang rawat inap, keesokannya sy lgsung oprasi, bius total. Dan saat sadar, sy kembali ke posisi semula, ada kantong kolostmi lagi diperut sebelah kanan, jahitan panjang membelah pusar, dan 4 selang terpasang. Selang pendarahan di perut, selang NGT (selang dr hidung ke lambung), selang kateter (pipis) dan selang infus sekaligus transfusi darah.


Menikmati semuanya, Aku hnya bisa menangis diruang observasi pasca oprasi. 


Sebegitu besar dosaku hingga harus merasakannya kembali. Tujuanya menutup kolostomi, tapi malah pasang kolostomi baru. Mulai lagi dr awal.

Tak henti saya berdoa dan minta didoakan. Tapi Allah berkehendak lain. Sy tidak tau akan bagaimana saya kedepan. Tp sy masih berjuang utk sembuh, untuk suami yg ada selalu disisi, utk putraku yg masih kecil, untuk ibuku, emak dan abah mertuaku saudara2ku, juga teman2 semua yg sudah mendoakan dan menguatkan. Terimakasih.

Semoga allah mengampuni dosa2 ini.

Saat ini saat saya tulis ini, sy masih terbaring di ruang rawat inap 219. 

Sudah boleh minum air putih dan susu sedikit2.

Nafsu makan saya tinggi, tp kondisi sy belum mendukung utk makan normal. Semoga semua ini bisa saya lewati, semoga saya menjadi manusia lebih baik lagi.



Rs.sariasih sangiang bangsal 219.



Nnti insyaallah saya tulis cerita detilnya sepanjang tahun yg saya lewati.

Terimakasih.

8 comments: