Saturday, July 27, 2013

Tafak Pe-Ka-EL

Tafak Minggu perdana
 
Berangkat
Bismillah..
30 juni 2013 pukul 15.50 aku, windy,rini,vicky,sechi menjejakkan kaki bareng-bareng nyebrang ke halte uin liat mobil bejejer muacet banget.. tapi alhamdulillah emang harus macet kali ya supaya si 135 nungguin kita, kalo ga macet mungkin bisa nunggu bejam-jam, tapi ini Cuma nunggu paling 15 menit alhamdulillah..
Belum ada yang terasa istimewa di bus, selanjutnya datang dan langsung diajak ke kamar baru kita hehe.. lantai 3 meeng mantap. Padahal di awal kita dijanjikan ibuny di ruang bawah, tapi yasudahlah.. ini yang terbaik mudah2an. Sip siap besok perdana PKL kita :D


Hari  pertama 1juli 2013
Udah mandi, udah sarapan, alhamdulillah 07.23 sampai di BPOM, menunggu ibu ida(penyelia) sampe jam 9. Mengisi kekosongan bukannya baca tapi malah pura-pura baca trus maen kamera n then poto-poto deh, akhirnya ada kabar bahwa ibu ida(beliau penyelia) ga masuk hari ini, trus langsung diarahkan mnuju leb masing-masing(sudah disepakati sebelumnya). aku dan windy ke leb kosmetik dan obat tradisional, vicky dan rini ke leb pangan dan secha ke leb terapetik. Nah dimulailah perjalanan hidup PKL masing-masing di leb masing-masing..

Vicki disuruh memperdalam uji formaldehid, esoknya sudah dijadwal uji formalin. Rini udah jadi khodimah yang patuh, bantu-bantu nimbang, bantu-bantu motokopi, dll deh.. tenang plus senang mereka, alhamdulillah..

Sechi? Nah ini dia dateng2 dengan wajah berusaha sopan, eeeh ditolak karna gada menejer atau apalah namanya, so minta rekomendasi yang jelas dulu, akhirnya balik lagideh ke leb pangan untuk ketemu ibu yang nyuruh tadi, akhirnya dia balik lagi ke lantai 3 leb terapetik dan lagsung dapet tugas ini itu, apa tugasnya? Cek kebocoran alat kontrasepsi, dan di uji dimensinya Gitu deh... bertahan sekitar 2 hari kerjain itu

Nah ini dia lantai 1 leb kosmetik dan obat tradisional (OT). Aku dan windi disana. Awal suruh nunggu ibunya yang sibuk muter sini muter sana, akhirnya saat duduk berhadapan. Dag dig dug takut ditanya ini itu, nah beneeer ternyata ditanya terget, laporan, kemampuan dasar, KLT, dan lain-lain yang bikin kikuk dan betul kami belum suruh ngapa-ngapain, suruh memahami, suruh fokus, dengan segala pernyataannya yang bikin lemes, hmmm Allahu Akbar, Ada Allah, Ada Allah, Ada Allah.. nguatin diri sendiri, besok jam 3 sore kami di ajak diskusi dengan materi yang ditentukan, baiklah tetap semangat Allah yang maha kuasa. Ada pelajaran luar biasa yang kami bakal dapet.
Jangan liat kemampuan diri, jangan liat kelemahan diri, tapi lihatlah kekuasaan Allah. Maka tiada tempat bergantung. Allahu Shamad. Aku gantungkan semuanya ke Allah, bangeet...banget.

Dikasih tugas baca farmakope yang subhanallah tebalnya. Wuhuu.. 2 hari jadi seolah anak farmasi.

2juli 2013
Saat ku tulis tafak ini pukul 20;04 wib dibalkon depan kosan, ada perasaan nyaman, ada sensasi hati yang agak sedikit sulit dijelaskan oleh lisan, tentang kondisi dan suasana yang... itu dia,, saya bingung jelasin. Saat ini saya sedang dengar nasyidnya mudzakir atau siapalah lupa,judulnya “Epilog Seorang Hamba” lagu yang jadi runner up di beberapa minggu ini, ku sering putar  jg swaktu kost diciputat, sampai-sampai ada yang ikutan hapal kalo aku udah mulai bersenandung hhee. Nah, sewaktu saya dengar lagu ini entah seolah saya berada di daerah yang tentram, damai, sunyi, sejuk, kelaar kata ibu mah, begitulah Allah memberi nikmat keindahan di banyak sisi, kadang sisi tersebut kita tak faham, tiba-tiba aja ada efek bahagiaa gitu. Subhanallah..
sebenarnya terpikir juga, apakah aktifitas ini (dengerin nasyid) bisa ngasih pahala? :D apakah tidak ada aktivitas lain yang bermanfaat? hmmm.. muncul pembelaan diri, minimal waktu denger ini, ngerasa konek dengan penciptaan2 dan karunia-karunia Allah yang udah dikasih maka harus disyukuri, juga memicu untuk istighfar ketika kita kufur sama nikmat, ketika dosa dianggap biasa..
 
Lanjut, 2 juli Masih tetap semangat berangkat  pagi, sampai bpom jam 07.35 aktivitas saya dan windi masih baca-baca sampai waktu yang mendebarkan itu datang, mau ditanya apa kita, mau di apain kita, de-el-el lah bayangan kita. Jujur saya bingung, entah karena terlalu banyak maskiat sehingga agak sedikit sulit untuk menghapal prosedur, suruh ngitung-ngitung hasil percobaan pun  tak mahir betul, entah apakah dengan alasan pengalaman saja bisa menutupi sifat jelek saya yang seolah menganggap hal itu ga terlalu penting. Rabb ampuni aku yang lemah dan lalai ini,
Terus masih terasa biasa beberapa jam berjalan. Baca---resume---ngantuk---cuci muka---baca lagi---nulis lagi--- sesekali liat hal2 yang bergerak supaya ga jenuh (saya liat slide show foto-foto kawan seperjuangan di kampus)---ngantuk lagi dst deh..
Nah akhirnya dipanggil juga. “nai.. wind.. ayo kita diskusi, kayanya udah faham betul tuh sama materinya” begitu kata ibu kepala seksi di leb. aku dan windy senyum-senyum aja..
“yap jadi sejauh apa yang kamu tau tentang KLT? Apa bedanya dengan KK? Ibu aan sebagai kepala seksi di lab bertanya dengan santun, memberi kesan lembut, tapi tegas dan mimik wajahnya yang bikin kita deg-degan. Beliau, memang dengan ilmu yang sudah banyak di ketahui terkesan membuat kami ciut. Karna basic kami (aku dan windy) yang di kependidikan, rasanya kaya jelasin ke anak-anak TK. Sebenarnya saya fahami, kami terima itu dengan melebarkan hati, tidak sesak karena nasihat atau penjelasan ibu. Tapi saya sesak dada karena mengakui kelemahan diri ini, kesempitan ilmu yang kami ketahui, kelalaian kami akan kemampuan dasar kami.
Kami jawab sekenanya, sepengetahuan kami, seinget kami, dan satu lagi sekeluarnya kata kata mulut. Saya fikir dalam sikon yang sepeti itu, gabisa seperti yang di tivi-tivi; kata-katanya rapi, intelek, terstruktur de-el-el. Kami jawab dengan sedikit menunduk. Malu atas dasar ilmu. Beberapa jawaban dirasa tepat tapi tak sedikit juga yang meleset, bikin ibu geleng-geleng. 
Hmmm... mungkin dalam hati ibu bertanya, “ini dikampusnya prakteknya ngapain aja sih” hmmm... ini menjadi tamparan yang membangun, memotivasi, khususnya buat kami, umumnya buat lab kami di kampus.
Kami menyimpulkan bahwa ibu aan adalah seseorang yang profesional di bidangnya, dengan banyak ketidaktahuan kami, sempet beliau tanya “emang kalian SMA nya dimana sih? Ko ini aja ga tau? Haduuh kami harus sabar nih ngajarin kalian”..(nadanya lembut lho yaa)
Subhanallah, begitulah kuasa Allah.. betul-betul tidak sedikitpun rasa sakit hati atas ucapan ibu, Allah bantu kami, Allah balut hati kami dengan kain positif thinking “ini motivasi..ini motivasi..” dalam hati. Kalo bukan karena Allah,entah deh udah jauh kemana syetan membawa kami terbang mengawan ke bayang-bayang negatif. Sekali lagi Subhanallah, Allah tempatkan kami ditempat yang tepat. Gimana kitanya aja yang mengarahkan proses kehidupan ini.

Nah, Selanjutnya ibu jelaskan teori dan alur praktek yang sebenarnya, dan menyerahkan kami pada pembimbing untuk masuk leb dan belajar dari awal. Belajar apa coba?? Yap kita belajar penotolan. Hal yang paling sederhana disana, tapi kita baru tau.mungkin kalo ada anak kedokteran atau analisis kim yang baca ini, yap mungkin berpandangan demikian juga ga yaa..
Saya belajar penotolan menggunakan siring. Menotol pada plat silika gel dengan 4 totolan, yang masing-masing 1,2,3,dan 4 mikro volume. Yang ditotol adalah rodamin B. ini salah satu hasil totolan yang udah di eluasi MK3, MK10, JK1, sampel, plus spiked nya (foto perdana totolan nya ga ada, lupa nyimpen di file yang mana)

Alhamdulillah, kaka pembimbing saya friendly, sabar dan sederhana, jadi bisa sedikit berkurang nervousnya.
Oya ada hal yang unik, pembimbing saya namanya ka nenden beliau lulusan apoteker ITB. nah beliau miiiip jiddan dengan kawan saya namanya dyah sukowati. Yap mirip, senyumnya, jalannya,gayanya, perawakannya, pipinya, gitu deh.. jadi pengen cubit pipinya hehe (waktu ka nenden pipinya dicubit sahabat-sahabatnya di leb, saya inget cubit pipinya sahabat saya, dyah. Begitu)
Nah, satu lagi ada namanya ka nila, beliau di leb OT. Miriiiiiiiiiiiiiiiiiip jidan sama kaka kelas ku di Madrasah Aliyah namanya teh atikah, ih ini beneran mirip, lebih mirip daripada ka nenden-dyah. Hmmm jadi kangen sama kaka pradanaku, teh atikah.
Okeh besok masih belajar penotolan.
Bimilah semangaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaat. Besok lebih baik insya Allah J

3 juli 2013
Waktu kerja 07.45-16.30
Alhamdulillah udah mulai praktek, mengidentifikasi sampel lipstik dengan larutan bakunya rodamin B metodenya KLT, cukup banyak yang baru diketahui untuk dipelajari. Tentang penotolan yang katanya kalo pengeringan eluen dengan hair dryer malah kurang baik terhadap serapan fase diam, tentang eluasi, dll. Alhamdulillah, banyak hal yang ingin dicapai walau tidak disampaikan secara lisan. Allah kuatkanlah,.. Allah Mudahkanlah...
Untuk konten kehidupan esok yang lebih baik. J

4 juli 2013
Alhamdulillah, hari pertama bisa becanda dengan kakak di leb, mencairkan sedikit kekakuan hehe..
Dan dengan sopannya aku, menerima kabar dari kampus untuk mebereskan perkara PKM (lomba Program Kratifitas Mahasiswa) dikti. so, memberanikan diri ntuk izin besok tidak praktek. Hmmm.. ibu aan lagi kurang sehat jd beliau ga masuk, jadilah saya minta izin sama mba yul. Subhanallah dengan senyumnya mengizinkan saya untuk izin di hari jumat, sebelumnya saya jelaskan dulu apa urgensinya dan saya jelaskan juga kemungkinan izin kedepan untuk MONEV (mudahan saya bisa ceritakan tentang PKM ini) dikesempatan lain.

5-6-7 juli 2013 di Ciputat lagi
Alhamdulillah thax buat Allah pake banget untuk kesehatan yang dilimpahkan di sepanjang hari-hari yang dilewati.
Tanggal 5 ketemu pa noto, akhirnya beliau dengan bijaksana mau mengurus masalah kontrak ke dikti, jadi kami bisa lebih fokus masalah produk..
6 juli bisa ikut syuro prsiapan tarhib,aku dan uti menghubungi yang desain banner, ama dan ami bekerja keras produksi gel di cakung (rumah ama). Subhanallah kerja keras mereka..
Dan dihari itu terselip kebersamaan sederhana yang terasa luarbiasa buat ku, makan malam bareng dengan akhwat-akhwat tangguh hehe,, makasih ummi upik, uti, dyah, yuni, niken. Kenapa luar biasa? Karena dalam kebersanmaan yang an jalani, an hawatir itulah perjumpaan terakhir, jadi maksimalkan pertemuan dengan memperkuat chemistry persaudaran/persahabatan/ yang disebut ukhuwah.
Yap terimakasih untuk semua kesan baik dari kalian mudahan ini keposting di 2menit 1detik 


Naihai


1 comment: