Monday, October 1, 2012

Pengen sehat ?? ga usah mahal teman ....



Pengertian apotek hidup adalah memanfaatkan sebagian tanah untuk ditanami tanaman obat-obatan untuk keperluan sehari-hari. Umum diketahui, bahwa banyak obat-obatan tradisional yang dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit. Obat tradisional umumnya lebih aman karena bersifat alami dan memiliki efek samping yang lebih sedikit dibandingkan obat-obat buatan pabrik. Itulah sebabnya sebagian orang lebih senang mengkonsumsi obat-obat tradisional.
Bayangkan, bila di dalam pekarangan Anda tersedia tanaman obat yang dapat digunakan apabila salah satu anggota keluarga sedang sakit. Tentu hal menyenangkan. Anda tinggal mengambilnya kapan saja, bahkan malam hari sekalipun. Tidak perlu mengeluarkan uang dan terjamin kesegarannya karena langsung dipetik dari tanamannya.
Tanaman obat tidak kalah cantiknya dengan tanaman hias. Anda dapat pula menanamnya diantara tanaman hias atau bunga-bunga yang ada. Selain itu tanaman obat umumnya lebih kuat menghadapi berbagai penyakit tanaman karena memiliki kandungan zat alami untuk mengatasinya, sehingga Anda tidak perlu memberikan pestisida.
Maka, agar dapat membuat apotek hidup yang indah dan bermanfaat ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Misalnya, Anda perlu untuk menyerasikannya dengan tanaman dan elemen lainnya dalam taman, sehingga tidak merusak penataan taman. Anda juga perlu mengetahui manfaat dari masing-masing tanaman obat dan berapa pemakaian yang sesuai.

Pengen tau tanaman apa aza yang bisa jadi obat ??? lets read kawan ....




Tanaman Obat

Pada masa awal, pengobatan di rumah dengan tanaman obat ditemukan dengan mencoba dan belajar dari kesalahan (trial and error). Saat ini, ekstrak dari beberapa tanaman obat telah digunakan untuk pengobatan jaman modern dan bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit serius.
Anda juga dapat memperoleh manfaat langsung dari tanaman obat yang ditanam di kebun atau taman dalam rumah Anda. Berikut tanaman-tanaman obat yang dapat mengisi apotek hidup Anda:

·         Lidah Buaya

Lidah buaya atau aloe vera sudah lama dikenal sebagai tanaman penyubur rambut. Manfaat lainnya adalah dapat meredakan batuk.

·         Sirih

Dikenal karena memiliki kandungan antiseptik yang baik. Anda juga dapat menggunakannya untuk meredakan batuk.

·         Lengkuas

Selain sebagai bumbu dapur, lengkuas dapat menyembuhkan panu pada kulit.

·         Temulawak

Bermanfaat mengatasi penyakit kuning.

·         Jinten

Bila ada anggota keluarga yang panas, gunakan daun jinten untuk menurunkan panas. Bermanfaat juga untuk melancarkan ASI bagi ibu yang sedang menyusui.

·         Jahe

Dapat digunakan untuk menyembuhkan batuk dan rematik karena menghasilkan rasa hangat.

·         Bawang Merah

Bumbu dapur yang terkenal ini juga bermanfaat untuk mengobati masuk angin.

·         Mahkota dewa

Tanaman yang telah terkenal sebagai tanaman obat. Dapat menyembuhkan penyakit darah tinggi.

·         Kumis kucing

Dapat digunakan untuk meredakan sakit pinggang.

·         Sambiloto

Rasanya yang pahit dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit. Anda dapat menggunakan daunnya untuk menyembuhkan penyakit tifus dan penurun panas.

·         Mengkudu (pace)

Buah yang bermanfaat banyak untuk tubuh. Dengan mengkonsumsi buahnya dapat meredakan osteoporosis.

·         Jeruk nipis

Buah yang asam dapat dimanfaatkan untuk meredakan batuk.

·         Begonia

Merupakan tanaman hias, tetapi juga memiliki manfaat untuk mengatasi nyeri haid.

·         Puring

Juga merupakan tanaman hias yang umum ditanam di taman karena daunnya yang berwarna-warni. Dapat dimanfaatkan daunnya yang berwarna kuning hijau untuk menghangatkan perut.

·         Melati

Bunga indah yang keharumannya sering dimanfaatkan sebagai bahan baku parfum, ternyata termasuk tanaman obat. Khasiat daunnya dapat menyembuhkan sesak nafas dan sakit kepala. Bunganya dapat digunakan untuk mengatasi radang mata.

·         Daun Salam

Air rebusan daun salam mampu mengatasi penyakit maag dan juga mampu menurunkan kadar gula dalam darah dengan cepat sehingga bagus untuk penderita diabetes.

·         Jambu Biji

Jambu biji juga memiliki khasiat. Daunnya dapat digunakan untuk mengatasi penyakit buang air atau diare. Fungsi daunnya mampu membuat keras feses sehingga mengurangi buang air besar. Jus buahnya juga baik untuk kesehatan karena mengandung banyak vitamin C serta baik untuk penderita demam seperti DBD.
Melihat banyaknya manfaat dari apotek hidup, tentu dapat menggerakkan Anda untuk memanfaatkan lahan yang ada di rumah. Taman dapat memberikan efek psikologis bagi orang yang sedang sakit sehingga lebih cepat sembuh. Merawat tanaman juga menjadi sarana Anda menggerakkan tubuh dan berolahraga. Hasilnya tubuh menjadi sehat dan cantik.
Bila rumah Anda tidak memiliki lahan luas jangan putus asa, gunakan pot sebagai media tanam. Dengan memiliki apotek hidup, rumah menjadi asri, cantik, sehat dan dapat menghemat pengeluaran untuk membeli obat atau bumbu dapur. Tanaman obat akan membuat sehat bagi Anda dan keluarga.
http://kumpulan.info/sehat/artikel-kesehatan/48-artikel-kesehatan/185-apotek-hidup-tanaman-obat-sehat-cantik.html
Bahan Alami untuk Membantu Diet Anda
DIET ketat membuat Anda menghindari beberapa makanan yang dianggap musuh dan penyebab lemak menumpuk dalam tubuh Anda. Cermati bahan alami berikut, nutrisinya dapat membantu Anda membakar kalori dan lemak.

Apel, semangka, bahkan cabai ternyata punya khasiat tersendiri. Jika kita mengonsumsinya secara tepat. Nutrisi di dalam bahan makanan tersebut dapat memberikan manfaat luar biasa pada tubuh, salah satunya membantu Anda dalam
diet sehat. Berikut Rxlist melansir makanan sehat untuk Anda.


Kayu manis

Studi menunjukkan kayu manis mungkin memiliki efek stabilisasi pada tingkat gula darah. Hal ini bisa mengurangi nafsu makan, terutama pada orang dengan diabetes tipe 2. Hampir semua orang bisa mendapatkan keuntungan dari kayu manis dalam peran tradisional. Anda bisa menambahkan kayu manis dalam kopi atau teh Anda, tanpa perlu takut akan menambah kalori.


Cabai merah

Cabai mengandung senyawa yang disebut capsaicin. Senyawa ini muncul untuk mengekang nafsu makan dan mempercepat metabolisme, tapi hanya untuk waktu singkat. Banyak yang percaya, orang akan cenderung makan lebih sedikit ketika mereka makan makanan pedas.


Teh hijau

Beberapa studi menunjukkan teh hijau dapat membantu menurunkan berat badan dengan merangsang tubuh untuk membakar lemak perut. Teh hijau mengandung katekin, jenis fitokimia yang secara singkat dapat mempengaruhi metabolisme. Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda mungkin perlu untuk minum teh hijau beberapa kali sehari


Jeruk bali

Jeruk bali memang tidak memiliki sifat pembakar lemak. Namun, buah ini kaya akan serat larut yang dapat membuat perut Anda kenyang lebih lama. Bagi Anda yang sedang diet, buah ini cocok dikonsumsi sebelum makan karena akan memberikan efek kenyang sehingga bisa makan kalori lebih sedikit.


Semangka

Makanan yang tinggi kandungan air mengambil lebih banyak ruang dalam usus. Semangka merupakan contoh yang bagus. Ini adalah sumber yang kaya antioksidan lycopene dan mengandung vitamin A dan C yang baik bagi tubuh Anda.


Pir dan Apel

Pir dan apel juga tinggi kadar air. Makan dengan kulitnya untuk serat tambahan, yang akan membuat Anda kenyang lebih lama. Konsumsi buah dalam bentuk utuh ketimbang dibuat jus akan lebih baik. Tidak hanya Anda mendapatkan lebih banyak serat, Anda harus mengunyah buah-buahan. Ini membutuhkan waktu lebih lama dan membutuhkan tenaga sehingga Anda secara tidak langsung juga membakar kalori dan melatih rahang.


Berries

Seperti buah-buahan lainnya, buah ini tinggi air dan serat, yang dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Tapi mereka memiliki manfaat lain. Ini berarti berry dapat menjadi pengganti kudapan kue atau permen Anda.
.
Khsiat Rempah-rempah Sebagai Obat 

Rempah-rempah biasanya dijadikan bahan penyedap masakan. Jahe, kapulaga, ataupun kayu manis menjadi bahan campuran yang biasa ada dalam masakan Indonesia. Tapi ternyata, rempah-rempah tersebut punya khasiat tersendiri.

Para ibu-ibu mungkin sudah terbiasa mendengar nama rempah-rempah berikut. Mereka sering ada di dalam tempat bumbu di dapur Anda, termasuk dalam hidangan Lebaran Anda.

Di balik kegunaannya sebagai penyedap masakan, ternyata rempah-rempah juga mengandung manfaat bagi kita, berikut Joybaure melansirnya.

Lada Hitam

Lada/merica hitam biasa ada di rak bumbu anda. Anda mungkin berpikir lada sebagai setengah lainnya dari garam. Jika Anda memiliki atau berisiko untuk tekanan darah tinggi dan perlu membatasi asupan sodium Anda. Untuk mendapatkan rasa terbaik, Anda bisa mengganti garam dengan merica.

Jinten

Jinten merupakan rempah-rempah yang dapat ditemukan dalam bentuk biji utuh atau ada yang ditumbuk. Jinten populer di India dan Timur Tengah untuk memasak. Seperti rempah-rempah lain, jinten menambahkan banyak rasa untuk masakan tanpa menambahkan natrium, kalori, dan lemak.

Jahe


Jahe menjadi bumbu yang telah terbukti memiliki efek anti-inflamasi dalam tubuh, yang dapat membantu mencegah arthritis. Beberapa studi juga telah menunjukkan jahe untuk menjadi solusi efektif untuk mual. Jahe segar umumnya digunakan dalam masakan Asia dan makanan yang dipanggang.

Bawang putih bubuk


Meskipun tidak memiliki rasa yang sama persis seperti bawang putih, bubuk bawang putih berasal dari siung bawang putih yang dikeringkan. Seperti rempah-rempah lainnya, bubuk bawang putih menjadi pengganti yang baik untuk garam saat menambahkan rasa pada makanan. Pastikan untuk tidak tertukar dengan garam bawang putih, yang tinggi sodium dan dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi.

Mint



Mint adalah herbal yang punya banyak varietas (misalnya, peppermint, spearmint) dan paling baik digunakan dalam bentuk segar. Daun mint sering ditambahkan ke minuman, di Timur Tengah digunakan sebagai hiasan untuk makanan penutup. Menambahkan daun mint segar untuk es teh tawar atau air menjadi cara yang hebat untuk membuat minuman lezat menyegarkan tanpa kalori atau gula. Mint juga berguna menghangatkan perut.

Khasiat Tanaman Bunga Kenanga 

Tanaman bunga kenanga (Canangium odoranatum) telah lama dimanfaatkan sebagai bahan industri parfum dan kecantikan. Selain itu bunga kenanga memiliki khasiat untuk mencegah dan mengatasi berbagai penyakit

Khasiat adalah untuk mengatasi hepatitis, asma, sesak napas, sakit kepala, batuk, demam nipas, keputihan, radang saluran kencing, bau badan, kudis, digigit serangga, malaria, mengatasi perasaan gelisah, dan lain-lain.

Mengatasi rematik encok dengan menggunakan 10-15 gram bunga kenanga yang belum mekar, 30 gram daun srikaya, 20 gram daun ketapang, 20 gram jahe, 10 butir merica, dicuci lalu ditumbuk halus, tambahkan air secukupnya, kapur sirih secukupnya, kemudian diaduk rata lalu ditempelkan pada bagian yang sakit. Lakukan pengobatan 2 kali sehari.

Mengobati demam nipas dengan memakai 5 kuntum bunga kenanga, 5 kuntum bunga turi merah, 10 gram kencur, 10 gram kunyit, 10 gram temu hitam, 25 gram asam. Semua bahan diatas ditumbuk hingga halus, tambahkan sedikit garam dan air matang secukupnya, kemudian digosokkan pada bagian punggung atau sebagai tapal pada perut. Lakukan 2 kali sehari.

Untuk kudis gunakan 50 gram kenanga dicuci bersih dan ditumbuk hingga halus, tambahkan 20 cc minyak kelapa dipanaskan sebentar, setelah dingin oleskan pada bagian kulit yang sakit 2 kali sehari.

Mengobati gigitan serangga dengan menggunakan 2-5 kuntum bunga kenanga, 1 kuntum bunga mawar, 10 kuntum bunga melati dihaluskan tambahkan 1 sendok minyak kelapa kemudian dioleskan pada bagian yang sakit.

Kenanga untuk mengobati sesak napas dan asma, caranya adalah ambil 15 gram bunga kenanga, 15 gram kulit semangka kering direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, disaring dan diminum selagi dingin.

Lakukan secara teratur. Juga bisa dengan ramuan 15-30 gram bunga kenanga dengan 200 cc air hingga tersisa 100 cc tambahkan + sendok teh gula pasir, disaring lalu diminum. Lakukan 2 kali sehari.

Mencegah dan mengatasi hepatitis, ambil 3 gram bunga kenanga, 20 gram temu lawak, 15 gram bangle direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, setelah dingin lalu disaring dan airnya diminum.

Mengatasi keputihan dengan menggunakan 30 gram kenanga, 30 gram kulit delima kering direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, kemudian disaring dan diminum bila airnya sudah dingin. Lakukan secara teratur 2 kali sehari masing-masing 150 cc.

Obati radang saluran napas dengan menggunakan 10-15 gram bunga kenanga, 10 gram pahap (umbi lili kering) direbus dengan 300 cc air hingga tersisa 150 cc, disaring dan diminum selagi hangat. Lakukan 2 kali sehari.

Mengurangi rasa gatal ditenggorokan dan batuk dengan menggunakan 15 gram bunga kenanga, 15 gram kulit jeruk mandarin kering, 10 gram pahap (umbi lili kering) direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc, lalu airnya diminum selagi hangat. Lakukan secara teratur.

Mencegah dan mengatasi bau badan dengan menggunakan 15 gram bunga kenanga, gula batu secukupnya direbus dengan 600 cc hingga tersisa 300 cc, lalu disaring dan airnya diminum selagi hangat. Lakukan secara teratur.

Ringankan sakit kepala dengan 15 gram bunga kenanga, 15 gram jahe diiris-iris kemudian direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc, lalu disaring dan airnya diminum selagi hangat.

Untuk mengobati malaria dengan 10-15 gram bunga kenanga kering disedu dengan 200 cc air mendidih kemudian ditutup rapat, kemudian disaring dan selagi hangat airnya diminum. Lakukan secara teratur.

Mengatasi perasaan gelisah, ambil 15 gram bunga kenanga, 30 gram kim cim direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, lalu airnya diminum selagi hangat dan kim simnya dimakan.

Untuk mengobati radang saluran kencing, gunakan 10-20 gram bunga kenanga, 30 gram daun kumis kucing segar, 30 gram sambiloto segar, 30 gram daun sendok segar, dicuci bersih dan direbus dengan 1 liter air hingga tersisa 500 cc lalu airnya diminum. Lakukan secara teratur 2 kali sehari masing-masing 250 cc.(prof hembing/suarakarya)



Khasiat Pacar Air untuk Kesehatan 

Pacar air yang mempunyai nama ilmiah impatiens balsamina di beberapa daerah di kenal sebagai tanaman untuk mempercantik kuku, dengan menempelkan daun pacar air yang telah di tumbuk di atas kuku dan membiarkan hingga kering akan memberikan warna kuning tua alami pada kuku. Di beberapa daerah pula ada yang menggunakannya untuk melumuri jari, kaki dan tangan pengantin wanita sehari sebelum hari pernikahan agar kulit terlihat lebih indah.

Pacar air berasal dari India. Di Indonesia ditanam sebagai tanaman hias, kadang-kadang ditemukan tumbuh liar.

Terna berbatang basah dan tegak ini mempunyai tinggi 30-80 cm dan bercabang. Daun tunggal, bertangkai pendek. Helaian daun bentuk lanset memanjang, ujung dan pangkal runcing, tepi bergerigi, pertulangan menyirip, dan warnanya hijau muda. Bunga keluar dari ketiak daun, warnanya bermacam-macam, seperti merah, oranye ungu, dan putih. Bunganya ada yang engkel dan ada yang dobel. Buahnya buah kendaga, jika masak akan membuka menjadi lima bagian yang terpirih.

Pacar air mempunyai sebutan berbeda - beda di setiap daerah, seperti di nusa tenggara di sebut pacar foya, di sulawesi di sebut gofu, di jawa di sebut pacar banyu, sementara di betawi di sebut dengan kimhong.

Dalam pengobatan cina dan india , pacar air juga merupakan salah satu bahan yang sudah sejak lama di gunakan. Karena pacar air memang mempunyai manfaat yang cukup baik untuk membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan. Namun perlu di perhatikan bahwa ibu hamil tidak di anjurkan untuk mengkonsumsi ramuan berbahan pacar air untuk menghindari keguguran dan pamakaian yang terlalu lama akan membuat mulut tersa kering, nafsu makn berkurang dan perut mual. Namun bila pemakaian di hentikan selama 3 hari, efek tersebut akan hilang dengan sendirinya.

Berikut beberapa ramuan berbahan pacar air :

Mengatasi Keputihan

Caranya : Rebus 30 g daun pacar air dengan 2 gelas air hingga tersisa setengahnya, setelah dingin saring dan minum 2 kali sehari masing - masing 1/2 gelas.

Mengatasi Bengkak Akibat Gumpalan Darah (Hematoma)

Caranya : Giling sampai halus 8 kuntum bunga pacar air kemudian tambahkan arak putih secukupnya, lalu tempelkan ke tempat bengkak dan balut dengan kain. Ganti balutan 2-3 kali sehari.

Mengobati tertusuk duri atau tulang di kerongkongan

Caranya : Potong akar pacar air yang telah di cuci secukupnya, kemudian kunyah dan telan dengan air hangat.

Mengobati Radang Usus buntu

Caranya : Rebus 30 g daun pacar air, 30 g daun sambiloto dengan 600 cc air hingga tersisa setengahnya, setelah dingin saring dan minum. Lakukan secara rutin.

Menyehatkan Kuku

Caranya : Haluskan seluruh bagian pacar air secukupnya, kemudian tempelkan pada kuku dan balut dengan kain kasa hinngga kering. Lakukan beberapa kali dalam seminggu.

Mengatasi Hipertensi

Caranya : Rebus 10 g bunga pacar air, 100 g seledri dengan 400 cc air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin saring dan minum airnya.
Khasiat Keji Beling untuk Pengobatan

Keji beling atau orang jawa menyebutnya dengan nama “sambang geteh”, sementara di tanah pasundan dikenal dengan sebutan “remek daging”, “reundeu beureum”, dan orang ternate menyebutnya dengan nama “lire”.

Tumbuhan ini memiliki banyak mineral seperti kalium, kalsium, dan natrium serta unsure mineral lainnya. Disamping itu juga terdapat asam silikat, tannin, dan glikosida. Kegunaannya sebagai obat disentri, diare (mencret) dan obat batu ginjal serta dapat juga sebagai penurun kolesterol.

Daun tanaman ini selain direbus untuk diminum airnya, juga dapat dimakan sebagai lalapan setiap hari dan dilakukan secara teratur. Daun keji beling juga kerap digunakan untuk mengatasi tubuh yang gatal kena ulat atau semut hitam, caranya dengan cara mengoleskan langsung daun keji beling pada bagian yang gatal tersebut.

Untuk mengatasi diare (mencret), disentri, seluruh bagian dari tanaman ini direbus, selama lebih kurang setengah jam, kudian airnya diminum. Sama juga prosesnya untuk mengobati batu ginjal. Daun keji beling juga dapat mengatasi kencing manis dengan cara dimakan sebagai lalapan secara teratur setiap hari.

Demikian pula untuk mengobai penyakit lever (sakit kuning), ambien (wasir) dan maag dengan cara dimakan secara teratur.

Sedangkan untuk Batu ginjal, caranya ambil Daun keji Beling 50 gram, meniran segar 7 batang, daun ungu 7 lembar. Dicuci dulu direbus dengan 4 gelas air sampai menjadi 2 gelas dinginkan, saring, minum 3 kali 2/3 gelas per hari. ATAU Daun keji beling 5 lembar, daun tempuyung segar 5 lembar tongkol jagung 6 buah, dicuci lalu direbus dengan 5 gelas air bersih sampai tersisa 2 ¼ gelas. Setelah dingin disaring, dibagi untuk 3 kali minum, habis dalam sehari. Lakukan setiap hari sampai rasa sakit menghilang.


Tanaman keji beling (stachytarpheta mutabilis) adalah jenis tumbuhan dengan ciri-ciri memiliki batang yang basah, sepintas lalu meyerupai rumput berbadan tegak. Di pulau jawa tanaman ini banyak sekali terdapat dipedesaan dan tumbuh diantara semak. Dengan warna kulit ungu berbintik hijau, apabila sudah tua berubah menjadi coklat.

Panjang helaian daun (tanpai tangkai) berkisar antara 5 – 8 cm (ukuran normal) dan lebih lebar daun kira-kira 2 – 5 cm. tumbuhan ini mudah berkembang biak pada tanah subur, agak terlindungi dan ditempat terbuka.(berbagai sumber)
Khasiat Petai Cina atau Lamtoro

Lamtoro, petai cina, atau petai selong adalah sejenis perdu dari suku Fabaceae (=Leguminosae, polong-polongan), yang kerap digunakan dalam penghijauan lahan atau pencegahan erosi. Berasal dari Amerika tropis, tumbuhan ini sudah ratusan tahun dimasukkan ke Jawa untuk kepentingan pertanian dan kehutanan, dan kemudian menyebar pula ke pulau-pulau yang lain di Indonesia. Oleh sebab itu agaknya, maka tanaman ini di Malaysia dinamai petai jawa.


petai cina dipercaya dapat menyembuhkan beberapa penyakit seperti diabetes melitus, cacingan, luka, bengkak, dan disentri. selain penyakit tersebut, ternyata petai cina juga dipercaya dapat digunakan sebagai aprodisiak, yaitu bahan makanan yang dapat meningkatkan vitalitas atau gairah seks kaum pria.

Beberapa macam penyakit yang dapat diobati petai cina:

Diabetes. Caranya, ambil batang petai cina yang tua dan kering, kupas, ambil bijinya. Goreng biji petai tanpa minyak, lalu tumbuk halus hingga menjadi seperti bubuk kopi. Seduh dengan air hangat dan minum2 kali sehari. Bisa juga langsung dimakan seperti minum obat tanpa harus ditumbuk dan diseduh terlebih dahulu.

Kencing manis. Caranya, ambil petai cina yang sudah tua dan kering, lalu goreng tanpa minyak. Tumbuk hingga halus, lalu seduh dengan air panas. Minum setiap hari.
Luka baru. Caranya, ambil daun petai, kunyah-kunyah hingga agak lembut, lalu tempelkan pada luka.

Mengobati Cacingan. Caranya, Tumbuk biji lamtoro yang sudah tua dan telah di keringkan secukupnya hingga halus, kemudian ambil 5 gram bubuknya dan seduh dengan 100 cc air panas dan minum selagi hangat.

Meningkatkan Gairah Seksualitas, caranya Rebus 5 g bubuk lamtoro ( caranya bikin bubuknya seperti mengobati cacingan ), 5 g merica bubuk dengan 200 cc air hingga tersisa setengahnya. Kemudian tambahkan 2 butir kuning telur ayam kampung dan 1 sendok makan madu. Aduk hingga rata dan minum.
Khasiat Biji Selasih

Anda tentu tidak asing dengan biji warna hitam kecil dan diTautankelilingi warna putih bening diluarnya. Ya… biji tersebut adalah selasih yang besarnya seukuran wijen. Selasih biasanya digunakan untuk campuran minuman dingin sebagai pelengkap.

Jika ingin membut sendiri
Biji selasih , bisa dibuat dari bunga daun kemangi yang telah kering. Saat bunga kemangi kering, dia akan mengeluarkan biji-biji berukuran kecil warna hitam. Untuk mendapatkan selasih, biji tersebut direndam dengan air dan akan muncul selaput putih bening dipinggiranya.

Biji selasih sendiri berasal tanaman Basil Thailand, dan diperkenalkan oleh orang India. Basilikum atau Ocimum adalah golongan tanaman yang dimanfaatkan daun , bunga dan bijinya sebagai rempah-rempah sebagai penyegar (tonikum).

Biji selasih ini meskipun memiliki ukuran yang kecil, tetapi memiliki banyak khasiat. Diantaranya menambah kekebalan tubuh hingga meredam demam.
Di China , masyarakatnya banyak menggunakan biji selasih untuk digunakan sebagai penawar demam karena adanya kandungan zat yang dapat menurunkan panas tubuh. Selain itu biji selasih digunakan untuk merawat gigitan serangga dan digunakan untuk obat batuk serta dapat digunakan untuk menambah selera makan.

Waktu terbaik untuk mengkonsumsi biji selasih ini adalah sebelum tidur. Biji selasih dipercaya mempunyai efek yang mirip dengan antibiotik yang mampu melawan bakteri. Sutter Gould Medical Foundation dalam penelitianya di awal tahun 2010 menjelaskan bahwasanya biji selasih dapat membantu mengontrol gula darah pada penderita diabete tipe 2.

Selain khasiat di atas , biji selasih juga bisa mengatasi sembelit. dan di saat puasa seperti ini pastinya akan terasa segar jika selasih ini dibuat campuran minuman yang segar.
Terima kasih telah membaca artikel: Khasiat Biji Selasih.Silahkan baca artikel


Sumber :   http://udechi.blogspot.com/

SALAM LAPAN !!


1 comment:

  1. Permisi, ingin tahu bentuk, rupa dan ukuran buah selasih. Sudah mencoba nanya-nanya ama eyank google tapi gak da jawaban juga, bisakah anda membantu..???
    Thank's sebelum dan sesudahnya,

    ReplyDelete