Monday, September 24, 2012

Paus Atlantik Utara punah??


JAWABAN UNTUK KELOMPOK SEBELAS


  1.  Apa yang menyebabkan Paus Atlantik Utara terancam punah ?
  2.  Setelah membaca artikel mengenai “Hiduplah seperti Lebah”, apakah artikel tersebut dapat menginspirasi anda ? jika iya, keunikan apa yang terdapat pada hewan tersebut ?
  3. Bagaimana pendapat anda tentang punahnya beberapa spesies dalam artikel “Dampak Pencemaran Lingkungan” ? dapatkah kalian menyebutkan contoh lain?
  4. Mengapa ikan paus bungkuk dapat terdampar dipinggir kolam renang? Padahal secara postur tubuh ikan paus memiliki ukuran tubuh yang paling besar?
  5. Mengapa nyamuk menjadi hewan yang paling berbahaya?
Jawab
1.       paus ini merupakan jenis yang tepat untuk
diburu oleh nelayan pada masa 1970-an. Paus ini diburu karena minyaknya. Karena perburuan, status paus ini dilindungi namun kini dikhawatirkan kepunahan tak bisa dicegah. Karena sangat banyak pemburuan paus ini yang hanya mementingkan kepentingan sepihak tanpa memikirkan populasi paus ini yang sudah semakin menurun dari tahun ketahun. Selain itu perubahan habitat, perubahan iklim dan kontaminasi air laut oleh industri semakin mengancam keberadaan paus ini.
2.       Iya sangat penginspirasi bagi kelompok 8 karena sifat lemah yang sangat mulia diantaranya lebah adalah pribadi yang tangguh, mandiri , kreatif, inovatif , dan mereka memiliki sifat persaudaraan yang sangat kuat. Kita sebagai makhluk yang diciptakan Allah yang disempurnakan oleh akal pikiran , seharusnya harus lebih mulia dibanding lebah yang tidak mempunyai akal pikiran. Keteladan dari sifat lebah ini bisa kita tiru dalam kehidupan kita sehari-hari
3.       Dampak dari pencemaran lingkungan sangat merugikan bagi kelangsungan makhluk hidup di muka bumi. Seharusnya sebagai manusia yang dibekali akal pikiran oleh Allah SWT , kita bisa menjaga kelestarian lingkungan yang kita huni. Tapi kenyataannya banyak manusia itu sendiri yang merusak lingkungan hanya demi kepentingan sebelah pihak. Ini sangatlah ironis. Contoh lain dari dampak pencemaran lingkungan adalah kekeringan yang sedang melanda beberapa daerah di Indonesia, bisa juga bencana banjir bandang.
4.       Ikan paus yang terdampar dipinggir kolam renang ini dikarenakan ikan paus yang telah mati tersapu oleh ombak dan terdampar dipinggir kolam renang. Ikan paus yang mati tadi dapat disebabkan oleh beberapa sebab. Diantaranya, adanya pengeboman yang dilakukan untuk memburu ikan paus itu sendiri atau karena habitatnya yg semakin tidak layak untuk ditinggali karena telah tercemar bahan-bahan berbahaya yang ada dalam air laut.
5.       Karena ada jenis nyamuk yaitu nyamuk anopheles dan aides aigepty, nyamuk pembawa parasit penyebab malaria dan DBD (Demam Berdarah Dengue). Menurut para ahli, nyamuk itu telah menyebabkan kematian 50% manusia sejak zaman batu. Hingga saat ini, setidaknya telah lebih dari 200 juta orang meninggal akibat malaria dan dbd setiap tahun. 

No comments:

Post a Comment