Thursday, September 20, 2012

jawaban SOAL kelompok 5



Jawaban Soal Kelompok 5
1.      Apa yang menjadi ciri khas pada sel tumbuhan dengan sel makhluk hidup lainnya?
·         Ciri yang segera mudah dikenali pada tumbuhan adalah warna hijau yang dominan akibat kandungan pigmen klorofil yang berperan vital dalam proses penangkapan energi melalui fotosintesis.
·         tumbuhan secara umum bersifat autotrof.
·         tumbuhan selalu menempati posisi pertama dalam rantai aliran energi melalui organisme hidup (rantai makanan).
·         Tumbuhan bersifat stasioner atau tidak bisa berpindah atas kehendak sendiri, meskipun beberapa alga hijau bersifat motil (mampu berpindah) karena memiliki flagelum.
·         tumbuhan menghasilkan banyak sekali metabolit sekunder sebagai mekanisme pertahanan hidup atas perubahan lingkungan atau serangan pengganggu.
·         Hanya sel tumbuhan yang memiliki plastida; juga vakuola yang besar dan seringkali mendominasi volume sel.
2.       Mengapa fungi tidak termasuk dalam klasifikasi tumbuhan?
·         Jamur tidak termasuk tumbuhan. Berdasarkan biologi, makhluk hidup terbagi menjadi lima kerajaan. Tumbuhan adalah kerajaan plantae, sementara jamur adalah kerajaan fungi. Proses metabolisme dan pengangkutan yang terjadi pada jamur berbeda dengan tumbuhan.
3.      Dari berbagai macam penyebab pencemaran yang ada, manakah yang paling berdampak buruk bagi tanaman?
·         Menurut kelompok 8, sebenarnya ke empat penyebab pencemaran pada tumbuhan seperti : pencemaran air, pencemaran udara, polusi terhadap tumbuhan pertanian, penggunaan pupuk dan pembasmi hama yg tidak sesuai, saling berkaitan satu sama lain dan sama-sama mengakibtkan dampak yang buruk  bagi tanaman.
4.      Mengapa tumbuhan dapat digunakan sebagai indikator pencemaran?
·         Karena Tumbuhan, sifat-sifatnya merupakan pencerminan yang ada di dalam tumbuhan itu (hereditas), tetapi selain itu pertumbuhannya juga dipengaruhi lingkungan.
·         Karena tumbuhan lebih sensitive terhadap polutan daripada manusia. Tumbuhan yang sensitiv dapat merupakan indikator, sedangkan tumbuhan yang tahan dapat merupakan akumulator polutan di dalam tubuhnya, tanpa mengalami kerusakan. Jamur, fungi dan Lichenea sensitive terhadap SO2 dan halide.

5.       Sebutkan logam apa saja yang dapat mencemari tumbuhan?
·         arsen (As), kadmium (Cd), berilium (Be), Boron (B), tembaga (Cu), fluor (F), timbal (Pb), air raksa (Hg), selenium (Se), seng (Zn), juga yang berupa oksida karbon (CO dan CO2), oksida nitrogen (NO dan NO2), oksida belerang (SO2 dan SO3), H2S, asam sianida (HCN), senyawa/ion klorida, partikulat padat seperti asbes, tanah/lumpur, senyawa hidrokarbon seperti metana, dan heksana.


No comments:

Post a Comment