Monday, September 24, 2012


JAWABAN UNTUK KELOMPOK SAPULUH


1. sebutkan lapisan tanah yang cocok untuk lahan pertanian. jelaskan alasanya!
2. sebutkan penyebab terjadinya pencemaran tanah!.
3. Dampak pencemaran tanah terhadap kesehatan tergantung pada tipe polutan, misalnya timbal, merkuri (air raksa) dan siklodiena, sebutkan dampaknya terhadap kesehatan manusia!
4. sebutkan lapisan-lapisan tanah beserta karakteristiknya!
5. jelaskan arti dari tanah dan kandungan yang ada ditanah?

Jawab.........

1.      Tanah lapisan atas , karena pada lapisan ini yang berwarna coklat kehitaman sangat gembur dan subur dan juga biasa ditumbuhi oleh tanaman-tanaman pertanian.
2.      Pencemaran ini biasanya terjadi karena: kebocoran limbah cair atau bahan kimia industri atau fasilitas komersial; penggunaan pestisida; masuknya air permukaan tanah tercemar ke dalam lapisan sub-permukaan; kecelakaan kendaraaan pengangkut minyak, zat kimia, atau limbah; air limbah dari tempat penimbunan sampah serta limbah industri yang langsung dibuang ke tanah secara tidak memenuhi syarat (illegal dumping). Ketika suatu zat berbahaya/beracun telah mencemari permukaan tanah, maka ia dapat menguap, tersapu air hujan dan atau masuk ke dalam tanah. Pencemaran yang masuk ke dalam tanah kemudian terendap sebagai zat kimia beracun di tanah.

3.      Timbal dapat menyebabkan kerusakan otak, serta kerusakan ginjal pada seluruh populasi. Kuri (air raksa) dan siklodiena dikenal dapat menyebabkan kerusakan ginjal, beberapa bahkan tidak dapat diobati. PCB dan siklodiena terkait pada keracunan hati. Organofosfat dan karmabat dapat dapat menyebabkan ganguan pada saraf otot. Berbagai pelarut yang mengandung klorin merangsang perubahan pada hati dan ginjal serta penurunan sistem saraf pusat.

4.      Terdiri dari 3 bagian :

a.    Lapisan tanah atas 

Lapisan ini tebalnya antara 10-30 cm, warnanya coklat sampai kehitam-hitaman, lebih gembur yang biasanya disebut tanah olah atau tanah pertanian. Lapisan ini merupakan tempat pertumbuhan tanaman yang utama.

b.    Lapisan tanah bawah

Lapisan ini tebalnya antara 50-60 cm, jadi tebal daripada lapisan tanah atas. Warnanya kemerah-merahan, lebih terang atau lebih muda, dan lebih padat, maka sering disebut tanah cadas (padas) atau tanah keras.

c.    Lapisan Batuan Induk

Di bawah lapisan bahan induk tanah terdapat lapisan yang keempat, yang biasanya disebut bahan induk. Masih merupakan batuan pejal, belum mengalami proses pemecahan, inilah merupakan bahan induk tanah yang mengalami perubahan beberapa proses dengan makan waktu yang sangat lama.
Bahan ini jauh lebih dalam, maka jarang kelihatan pada permukaan tanah. Di pegunungan-pegunungan sering kelihatan, tetapi tumbuh-tumbuhan tak dapat hidup, kalau tertutup tanah sedikit saja tumbuh-tumbuhan dapat hidup, tetapi hanya rumput-rumputan saja.

5.      Tanah adalah permukaan bumi atau lapisan bumi yang di atas sekali. Dalam istilah teknik, pengertian tanah adalah butiran kerikil kasar, pasir, tanah lempung, tanah liat dan semua bahan lepas lainna termasuk lapisan tanah paling atas, sampai pada lapisan tanah keras. didalam tanah terdapat banyak jenis meneral2, unsur, atau senyawa2 yang bervariasi tergantung dari jenis tanah dan daerah asal tanah tersebut,

kedalaman tanah pun juga berpengaruh,
pada daerah yang sama, kandungan tanah bisa berbeda pada kedalaman yang berbeda,

di dalam tanah juga terdapat beberapa jenis makhluk hidup, dan juga udara dan air,

dan banyak lagi yang lainnya.


No comments:

Post a Comment