Wednesday, January 1, 2020

Duaribu19-duaribu20

Duaribu19-duaribu20



Bismillah,
Menjejakimu 2019..
Menjalani hari2 di waktumu 2019..
Adalah sebuah ujian baru dan berat.

Tidak mudah memulai tulisan ini, karena rekaman selama setahun ini didominasi kelam, sendu, menyedihkan..




Tp baiknya Allah maha adil, memberi bahagia disela duka.. memberi tawa di kumpulan tangis..
Hanya saja ttp berbumbu ujian hidup yg melelahkan.

Duaribu19.
Entah hal spesial apa yg terjadi di awal tahun lalu. Aku lupa, dan lelah mengingatnya..

Oya, aku adalah seorang pengantin baru..
Menjalaninya sebagaimana kebanyakan..
Dan cukup kaget utk banyak hal yg baru aku tahu.

bahagia kedatangan orang baru di rumah kita, terlebih di hidup kita.
Alhamdulillah suami sngt mengerti jika aku harus tinggal dirumah dan menemani ibu, sehingga aku ga tinggal bersama mertua. Merekalah sosok emak dan abah yg baik. Juga perhatian. Alhamdulillaaah..
Semoga ibu, emak dan abah, sehat selalu.

Duaribu 19..
Adalah tahun pertama aku berstatus menjadi istri, canda tawa rumah tangga, juga pergulatan emosi adalah konsumsi sehari2..

Kdg saya bertanya2 beginikah setiap rumah tangga baru? Yg keliatannya manis2 aja. Tp yg terjadi tak semulus itu..

Kontrol emosi, pergulatan pikiran, juga keistiqomahan dlm ibadah, menjadi sgt fluktuatif..
Ada niat yg keliru,
Ada pandangan yg salah,
Pada diri ini,
Ya pada diri ini..

Duaribu19..
Masalah ini akan terus ada bersama waktu yg bergulir, sebab bukankah begitu seharusnya?

Hidup adalah rangakaian ujian.
Dg terus berharap, Allah menjaga hati dan pikiran, jiwa dan raga ini utk ttp di barisan. Jangan smpai terlempar.. jangan sampai Allah biarkan, tak pedulikan hidup kita.
Naudzubillah...

Duaribu19,
Memasuki ramdhan pertama sebagai istri.
Tp ada hal yg membuat sy lupa kejadian seru apa di bulan ramadhan..
Karna semuanya tertutup awan gelap, karna terbalut kesedihan, yg akan terus teringat..

Duaribu19,
Kami sedang behitung bahagia karna ibu beberapa bulan lagi berangkat ke baitullah utk berhaji.
Merencanakan ini itu, belanja ini itu,  dan obrolan2 hangat lain sama tetehku utk persiapan haji ibu.

Tp allah uji tetehku dg sakit..
Yg smakin lama semakin memburuk, hitungan 1 bulan ramadhan, hanya 2 hari bisa berpuasa selebihnya beliau lemas dg keluhan lainnya.. sehingga harus bolak balik RS dan sempat di opname 2 kali.

Duaribu19,
aku singkirkan jauuuuh sekali bayangan akhir 2017 ttg syifa..
Menguatkan hati dan pikiran bahwa teteh harus sembuh. Dan akan sembuh..

Pekan terakhir ramadhan, nyaris lebaran, saat orang2 sibuk dg kebahagiaan lebaran.. kami harus bolak balik rs. Ibu lebih tepatnya yg kokoh mengurus anak perempuannya yg sedang sakit.

Karna aku harus jaga putra tetehku, keponakanku, dan kandunganku yg aku baru tahu beberapa minggu sblmnya, usia kandunganku memasuki 2bulan. Alhamdulillah.. penantian 5 bulan pernikahan, kado ramadhan utk aku dan suami.

Duaribu19,
2 hari mnjelang lebaran ibu dan keluarga sepakat membawa pulang teteh ke rumah walau kondisinya masih sangat lemah. Karna RS sepi dan dokter sudah pd cuti.

Alhamdulillah rabu, 6juni 2019 kami berlebaran bersama, tetehku mengenakan baju baru.. merah maroon pemberian suaminya saat pulang umroh kemarin.

Melihat kondisi, sy berinisiatif utk mengumpulkan keponakan2, cucu cicit nenek utk kumpul ngaji di malam jumat mendoakan teteh..
Tp ternyata bukan hanya keponakan yg hadir, semuanya paman2 bibi2 semuanya kumpul. Berdoa dan bercengkrama bersama di suasana lebaran.. kamis malam jumat.

Duaribu19,
Tetehku dlm baringan lemas.. lidahnya ikut membaca dzikir dan manakib saat pengajian dimulai.
Aku disampingnya..

Jam 10lewat. Semuanya berubah..
Aku bergumam keras di telinga kanannya.. mengajak menyebut asma Allah.. tp beliau smakin lemah, ku olesi bibirnya dg air ..

Aku sekuat tenaga menahan air mata, melupakan kejadian di RS 2017 silam saat nungkulan syfa. Batinku, ini gaboleh terjadi..
Teteh harus sembuh,
Bentar lagi ibu brgkat haji,
Dd wifqi masih kecil ..
Ayo teh.. bangun.

Duaribu19.
Saat paman2 berinisiatif membawa  tetehku dlm kondisi kritis tersebut ke RS malam itu juga, di gotong dg kasur2nya..

Aku ikut dibelakang bersama ibu.. berlari kecil, pikiranku entah kemana..
Belum sampai jalan raya, kakiku lemas..
Jatuh terduduk di tanah..
Lemas dan menjerit..
Karna rombongan balik kanan..
Kembali lagi ke arah rumah.

Tetehku wafat.




Wifqiku ditinggal uminya..
Ibuku lagi2 kehilangan anak perempuannya..
Dan aku..
Aku kehilangan teman, sahabat, teteh, guru.. semuanya..
Aku harap ini semua mimpi buruk.

Duaribu19.
Aku berduka..
Kami benar2 berduka..
Lupa kalo sedang mabok hebat awal kehamilan.

Sebagai manusia yg amat lemah, memahami kematian adalah mutlak, pasti. Semoga hati ini semakin membaik dg bertambahnya waktu, semoga teh tety ku.. bahagia disana, selesai sudah segala rasa sakitnya.

Aku menghibur diri, bahwa besok lusa mungkin tak lama.. kami ikut menyusul, kembali berkumpul. Aamiin.

Duaribu19,
Setelah 40 hari teteh..
Ibu jadwal berangkat haji.
Dan aku merasa sendiri,
Alhamdulillah ada suami. Ini mungkin maksud Allah menikahkan aku di 2018.

Diaribu19,
Semuanya sudah lewat..
Sfya, tetehku, dan yg lain sudah tenang bahagia.


Duaribu19.
Aku lulus tes calon peserta  ppg antrean 2020 utk sertifikasi guru kimia.
Tdk ada yg spesial selain menjalani hari2 yg aku berharap ada sabar dan syukur menjadi bumbu utama hidup.

Duaribu19,
Setelah usg kehamilan di 4, 7, dan 9 bulan. Semoga sehat2 kamu ya de..
Malam ini saat umi menulis ini, dd sudah 36w 5d.
Memasuki masa persalinan. Semoga Allah menguatkanku, memudahkan jalannya, sehat,selamat, dan normal aamiin...

Umi berharap kamu jd anak yg shalih, tangguh, taat Allah dan rosul, patuh ke orang tua dan baik bermanfaat utk sesama.

Umi berharap, segala keburukan perangai umi dan ayah tidak mengalir pdmu..
Cukup yg baik2 saja dr umi dan ayahmu.

De, klo kita ketemu nanti semoga umi jadi org yg lbh baik lagi, jd istri yg taat patuh, juga jadi ibu yg sayang dan tanggung jawab utk mendidik dan merawatmu..

De, klo dlm perjuangan nnti umi harus menyusul teh syfa dan teh tety, maka jadilah anak yg tangguh.. jaga ibu(nenek) juga taat dan sayang ke ayah..
Jgn lakukan hal2 yg allah dan umi benci.
Jdilah yg terbaik..
Doa umi selalu mengiringi dd.


Duaribu19..
Kau telah terlewat dan tergantikan..
Dengan segala kejadian atas nama takdir yg Allah tentukan.

Duaribu20..
Aku mohon yaa Allah segala sesuatu yg bersahut2an di hati..
Doa, harapan, keinginan yg aku haturkan keluhkan kepadaMu.
Maka kabulkanlah.

Hadiahkan kpd jiwaku ketenangan dan kerukunan, agar tenang dan rukun raga dan kehidupan dg sesama..

Hadiahkan kpd lisanku tutur yg lembut, baik, lagi bermanfaat.

Hadiahkan kepada kami umur yg berkah utk ibadah kepadaMu.

Dan aku.mohon hadiahkan kpd rumah tanggaku sakinah, mawaddah, warohmah, dan ridho.suamiku..

Dan wahai Allah yg maha senang dimintai hambanya, walau hambanya tak tahu diri..

Aku meminta keturunan yg baik, yg memberatkan bumi dg kalimat tauhid.

Aamiiin



2 comments:

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^cc
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajopk.biz...^_~3:23 PM 15-Sep-20
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete